Apa itu edge computing dan bagaimana cara kerjanya?

Apa itu edge computing dan bagaimana cara kerjanya?

Posted on

Edge computing adalah konsep pengolahan data yang dilakukan di dekat sumbernya, tidak hanya di cloud. Dengan menggunakan edge computing, proses komputasi dapat dilakukan secara lebih cepat dan efisien. Bagaimana cara kerjanya? Mari kita bahas lebih lanjut.

Jawaban tentang konsep dasar edge computing

Edge computing adalah konsep teknologi yang menempatkan pemrosesan data dekat dengan sumber data yang dihasilkan, seperti sensor atau perangkat IoT. Dengan demikian, data diproses lebih cepat dan mengurangi latensi karena tidak perlu dikirim ke pusat data jauh.

Contoh Implementasi Edge Computing dalam IoT

Edge computing adalah konsep di mana pemrosesan data dilakukan di dekat sumber data, yang berbeda dengan memindahkan data ke cloud untuk diproses. Dalam implementasi edge computing dalam Internet of Things (IoT), sensor-sensor yang terhubung langsung dengan perangkat IoT dapat memproses data secara lokal.

Sebagai contoh, pada sistem smart home, sensor pintu yang terhubung ke edge device di rumah dapat langsung memproses data deteksi pintu terbuka atau tertutup tanpa perlu mengirim data ke cloud terlebih dahulu. Hal ini mengurangi latensi dan menghemat bandwidth.

Implementasi edge computing dalam IoT juga memungkinkan respons yang lebih cepat terhadap perubahan kondisi di lapangan karena data diproses secara real-time di sumbernya, meningkatkan efisiensi dan keamanan sistem IoT secara keseluruhan.

Kesimpulan

Edge computing adalah teknologi yang memungkinkan pengolahan data secara lokal di dekat sumbernya, mengurangi latensi dan mempercepat respon sistem. Dengan menggunakan edge computing, kinerja aplikasi bisa ditingkatkan dan penggunaan bandwidth dapat dioptimalkan.

Pos Terkait:  Bagaimana cara mengamankan jaringan komputer?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *