Apa itu cross-site scripting (XSS) dan bagaimana cara mencegahnya?

Apa itu cross-site scripting (XSS) dan bagaimana cara mencegahnya?

Posted on

Cross-site scripting (XSS) adalah serangan keamanan yang memungkinkan penyerang menyisipkan skrip berbahaya ke dalam halaman web. Cara mencegahnya termasuk validasi input data, escape karakter khusus, dan penggunaan kebijakan keamanan HTTP.

Jawaban Cross-Site Scripting (XSS)

Cross-Site Scripting (XSS) adalah serangan keamanan pada website yang memungkinkan penyerang menyisipkan skrip berbahaya ke halaman web yang dilihat pengguna. Hal ini dapat membahayakan informasi pribadi pengguna atau merusak sistem secara keseluruhan.

Untuk mencegah serangan XSS, perlu dilakukan sanitasi input data, validasi input, dan penggunaan metode perlindungan seperti Content Security Policy (CSP) serta menghindari tampilan langsung dari data input pengguna ke halaman website.

Contoh Serangan XSS dan Metode Pencegahannya

Cross-site scripting (XSS) adalah jenis serangan keamanan di mana penyerang menyisipkan skrip berbahaya ke halaman web yang diakses oleh pengguna. Contoh serangan XSS termasuk memasukkan skrip yang mengarahkan pengguna ke situs palsu atau mencuri informasi pribadi pengguna, seperti cookie sesi.

Untuk mencegah serangan XSS, beberapa metode yang dapat diterapkan antara lain adalah escaping input data, validasi input, dan menggunakan mekanisme keamanan seperti Content Security Policy (CSP). Dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan yang tepat, risiko serangan XSS dapat diminimalkan.

Kesimpulan

Cross-site scripting (XSS) adalah serangan yang menyerang situs web dengan menyisipkan kode berbahaya. Mencegahnya bisa dilakukan dengan validasi input, encoding data, dan menggunakan header security.

Pos Terkait:  Apa itu model OSI dan jelaskan fungsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *