Jelaskan konsep load balancing dalam jaringan komputer.

Jelaskan konsep load balancing dalam jaringan komputer.

Posted on

Load balancing merupakan teknik yang digunakan untuk mendistribusikan beban kerja secara merata di antara server-server dalam jaringan komputer, sehingga mampu meningkatkan performa dan efisiensi sistem secara keseluruhan.

Jawaban Load Balancing

Load balancing adalah konsep dalam jaringan komputer yang bertujuan untuk mendistribusikan beban kerja secara merata di antara beberapa server atau jaringan, sehingga tidak ada satu server pun yang terbebani lebih besar dari yang lain. Ini membantu mencegah overloading pada satu titik yang dapat menyebabkan kinerja menurun atau ketidakstabilan sistem.

Contoh Algoritma Load Balancing

Load balancing adalah konsep dalam jaringan komputer yang digunakan untuk mendistribusikan beban kerja secara merata di antara server-server yang ada. Contoh algoritma load balancing yang umum digunakan adalah algoritma Round Robin, Least Connection, dan Weighted Round Robin.

Kesimpulan

Dengan load balancing, jaringan komputer dapat mendistribusikan beban kerja secara merata, meningkatkan kinerja dan ketersediaan layanan secara efisien.

Pos Terkait:  Jelaskan apa itu cloud computing dan manfaat utamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *