Bagaimana cara kerja RFID?

Bagaimana cara kerja RFID?

Posted on

RFID (Radio Frequency Identification) bekerja dengan mengirimkan sinyal radio melalui tag elektronik untuk mengidentifikasi dan melacak objek. Teknologi ini memungkinkan transfer data nirkabel secara efisien dalam berbagai aplikasi. Bagaimana proses kerjanya? Yuk, simak selengkapnya!

Jawaban Prinsip Dasar RFID

Radio Frequency Identification (RFID) adalah teknologi yang memungkinkan pengiriman data secara nirkabel melalui gelombang radio. Cara kerja RFID didasarkan pada penggunaan tag RFID yang menyimpan informasi dan pembaca RFID yang mengirimkan sinyal untuk membaca tag tersebut.

Contoh Penerapan Teknologi RFID

Radio Frequency Identification (RFID) adalah teknologi yang memanfaatkan gelombang radio untuk mentransfer data antara tag RFID dan pembaca. Contoh penerapan teknologi RFID yang umum adalah pada sistem keamanan akses pintu berbasis RFID. Ketika kartu RFID didekatkan pada pembaca, data diidentifikasi dan pintu terbuka otomatis tanpa perlu kunci fisik.

Kesimpulan

RFID merupakan teknologi yang memungkinkan identifikasi dan pelacakan objek secara otomatis melalui gelombang radio, dengan memanfaatkan tag dan pembaca RFID.

Pos Terkait:  Jelaskan konsep dan penerapan Internet of Things (IoT) dalam smart home.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *